Sunday 7 April 2013

Tablet Pendeteksi Gegar Otak

Ec66eb7b9d9c16b10e57d0544b91e763






Gegar otak harus dideteksi dini setelah benturan terjadi, namun sulit rasanya mengetahui seseorang mengalami gegar otak tanpa membawanya ke rumah sakit. Itulah alasannya mengapa pakar Universitas Notre Dame dari Indiana mengembangkan tablet yang dapat mendeteksi tingkat gegar otak seketika (on the spot) melalui analisa suara.

Mirip seperti perangkat test olahraga lain, atlet yang diuji diminta menyebutkan sejumlah kata sebelum berolah raga dan mengulangnya kembali setelahnya. Jadi, perangkat ini akan menganalisa perbedaan suara dari dua keadaan yaitu sebelum dan sesudah berolah raga. Dari analisa tersebut dapat dilihat ‘traumatic brain injury’ (cedera trauma pada otak) yang meliputi kesengauan suara, penyimpangan vokal dan penyimpangan konsonan.

Menurut pihak Universitas Notre Dame, penggunaan tablet tidak hanya membuatnya portable dibanding mesin X-ray tetapi juga lebih akurat. Selain itu, atlet tidak dapat berpura-pura terlihat sehat agar tetap dapat meneruskan pertandingan. University of Pennsylvania School of Medicine yang juga mengembangkan alat serupa menambahkan pengujian pada atlet dengan keharusan membaca dan merespon setiap angka yang ditampilkan pada kartu khusus

No comments:

Post a Comment