Tuesday, 5 March 2013

SEJARAH PERANG ANTARA SAMSUNG DAN APPLE

SEJARAH PERANG SAMSUNG dan APPLE

Kita tahu perusahaan besar dari berbeda negara ini memang menjadi vendor handphone terbesar di dunia, namun entah sebab kenapa kedua perusahaan ini seperti menjadi musuh, nahhh... kali ini saya akan membahas bagaimana bisa terjadi perang antara SAMSUNG dan APPLE

1. Diawali Gugatan Apple

Pada bulan April 2011, Apple menggugat Samsung ke pengadilan. Apple menuding Samsung meniru iPad, iPod dan iPhone dalam jajaran produk tablet Galaxy Tab dan ponsel Galaxy.

Dalam dokumen gugatan di U.S. District Court for the Northern District of California, Apple menilai bahwa Samsung melakukan kopi teknologinya, desain bahkan sampai kemasan produk.

"Ketimbang mengembangkan produk secara independen, Samsung memilih meniru teknologi inovatif Apple, user interface dan kemasan produk yang elegan, dalam pelanggarannya pada hak properti intelektual Apple," demikian pernyataan Apple kala itu.

"Produk Samsung Galaxy kelihatan sebagai produk Apple, sama sama berbentuk persegi panjang dengan sudut bulat, permukaan datar dengan batas bawah dan atas hitam, bagian belakang melengkung, dan layar dengan icon persegi dengan sudut membulat," tuding Apple.

Komplain Apple termasuk 10 pelanggaran paten, dua pelanggaran hak cipta dan praktek bisnis tidak fair. Produk yang diklaim meniru termasuk ponsel Epic 4G, Captivate, Indulge, Nexus S, Galaxy S dan tablet Galaxy Tab.

Dari sinilah perang antara Apple dan Samsung bermula. Samsung tentu saja tidak tinggal diam dan kemudian melancarkan aksi balasan.

2. Apple Terpaksa Gugat Samsung

Bulan April 2011 itu, Tim Cook yang masih menjabat Chief Operating Officer angkat bicara. Ia menyatakan Samsung sebenarnya mitra bisnis yang baik, namun terpaksa digugat karena aksi mereka melanggar batas.

Namun demikian, mengingat hubungan mereka yang cukup baik, Cook berharap tetap dapat menjalin relasi yang kuat dengan Samsung.

"Kami adalah pelanggan terbesar Samsung dan Samsung adalah suplier komponen yang sangat berharga bagi kami. Saya harap hubungan yang kuat ini akan terus berlanjut" imbuh Cook.

"Terpisah dari hal itu, kami merasa divisi komunikasi mobile di Samsung melanggar batas dan setelah meneliti isu ini, kami memutuskan untuk mengadukan ke pengadilan," katanya.

Apple adalah klien terbesar kedua Samsung tahun 2010, setelah Sony corp. Mereka menyumbang 4% dari pendapatan Samsung yang totalnya senilai USD 142 miliar.

3. Serangan Balik Samsung

Tidak lama setelah Apple mengajukan gugatannya, Samsung langsung meluncurkan serangan balik, juga pada April 2011. Raksasa elektronik asal Korea Selatan itu menyebut Apple telah melanggar hak patennya.

Samsung mengajukan gugatan itu di Korea Selatan, Jepang dan Jerman. Hingga lima paten Samsung dikatakan telah dilanggar oleh Apple.

Langkah ini dilakukan Samsung hanya beberapa hari sejak Apple menggugat Samsung karena dianggap melanggar hak atas kekayaan intelektual dari produk-produk Apple.

"Samsung secara aktif merespon aksi legal yang dilakukan terhadap kami, ini kami lakukan untuk melindungi kekayaan intelektual kami," sebut sebuah pernyataan dari Samsung.

Sejak saat inilah, perang paten antara keduanya semakin memanas. Tidak mau kalah, Samsung banyak menggugat gadget Apple Sampai hari ini.

4. Samsung Bantah Meniru

Apple menggugat berbagai gadget Samsung ke ranah hukum, terutama lini ponsel dan tablet Galaxy yang dinilai meniru desain iPhone serta iPad. Kepala desain Samsung pun angkat bicara. Ia tidak terima dituding melakukan penjiplakan.

Lee Minhyouk yang menjabat sebagai Vice President of Design Samsung Mobile mengakui ia memang belum dapat menandingi Jonathan Ive selaku kepala desain Apple. Namun ia menganggap desain yang dihasilkannya orisinal.

"Saya membuat ratusan sketsa dan ratusan prototipe produk Galaxy. Apakah itu berarti saya telah melakukan peniruan dengan berpura pura mendesain?," sergahnya.

"Galaxy adalah orisinal dari awal dan sayalah orang yang membuatnya. Produk ini sungguh berbeda dengan bahasa desain yang berbeda dan teknologi yang berbeda," imbuh Lee pada bulan Maret 2012.

5. Rambah 10 Negara

Dimulai dari gugatan awal Apple pada Samsung di bulan April 2011, pada bulan April 2012 eskalasi pertarungan keduanya sudah sampai di 10 negara.

Menurut catatan pakar paten Florian Mueller, Apple dan Samsung terlibat 50 gugatan hukum. Memang sesudah digugat oleh Apple dengan tudingan keluarga ponsel Galaxy meniru iPhone dan iPad, Samsung balik menggugat Apple.

Mueller mencatat Apple dan Samsung terlibat sengketa pengadilan di Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Belanda, Italia, Spanyol, Korea Selatan, Jepang, Perancis dan Australia.

Apple tercatat menang di beberapa wilayah, namun belum sampai pada taraf mengganggu penjualan Samsung. Demikian juga sebaliknya.

6. Samsung Kalah USD 1 Miliar

Agustus 2012, Apple bergembira. Dewan juri memutuskan Samsung telah melakukan pelanggaran paten dan harus membayar Apple sebesar USD 1.051 miliar atau sekitar Rp 9,5 triliun sebagai ganti rugi kerusakaan.

Juri yang terdiri dari sembilan orang di pengadilan federal San Jose, California, AS, telah mempertimbangkan 700 pertanyaan tentang klaim masing-masing pihak bahwa rivalnya telah melanggar kekayaan intelektualnya.

Mereka akhirnya mengabulkan sebagian tuntutan yang diajukan oleh Apple. Semula perusahaan asal AS itu mengajukan tuntutan sebesar USD 2,5 miliar atau sekitar Rp 23,7 triliun lebih kepada Samsung, namun juri hanya mengabulkan hampir setengahnya saja. Juri memutuskan Samsung melanggar enam dari tujuh paten Apple. Sedangkan Apple tak melanggar satupun paten Samsung.

Para juri memutuskan Samsung telah melanggar paten atas desain dan software milik Apple. Meski demikian, keputusan juri ini belum disahkan oleh hakim Lucy Koh yang memimpin persidangan.

7. Apple Minta Maaf

Bulan Oktober 2012, giliran Samsung yang tersenyum gembira. Apple kalah dalam upaya bandingnya melawan Samsung di Inggris. Pengadilan di Inggris memutuskan gugatan Apple yang menuding tablet Samsung menjiplak desain iPad tidak terbukti.

Juli lalu, hakim Colin Birss dari pengadilan High Court menyatakan wujud Galaxy Tab tidak sama dengan iPad. Bahkan, Apple diminta minta maaf di websitenya dan beberapa surat kabar, menyatakan tablet Samsung tak menjiplak.

Apple kala itu mengajukan banding. Namun pengadilan banding Inggris akhirnya mendukung keputusan tersebut dan menolak banding Apple.

Kekalahan di Inggris ini berpotensi menghentikan pertarungan Apple dan Samsung soal desain tablet di Eropa. Samsung pun menyambut gembira kemenangannya.

"Kami terus meyakini bahwa Apple bukanlah yang pertama mendesain sebuah tablet dengan bentuk persegi dan sudut membulat," demikian pernyataan Samsung.

8. Sampai Kapan Berakhir?

Apple kemudian sepakat damai dengan vendor ponsel HTC, dimana mereka menyepakati lisensi teknologi selama 10 tahun. Apakah kesepakatan damai semacam ini akan dilakukan Apple dengan musuh bebuyutannya, Samsung?

Beberapa analis menilai, jalan perdamaian antara Apple dan Samsung masih panjang. Malah ada yang berpendapat bahwa Apple sengaja damai dengan HTC agar lebih fokus dalam perang hukumnya melawan Samsung.

"Samsung dan Google lebih sulit untuk mencapai sepakat dibandingkan HTC. Kesepakatan tersebut akan terjadi namun tidak mungkin diprediksi kapan," kata pakar paten, Floria Mueller.

Terlebih lagi, Apple dan Samsung tengah sangat sengit bersaing menjadi produsen smartphone terbesar di dunia. Karenanya, masih sulit bagi mereka untuk berdamai.

"Mungkin benar bahwa HTC telah setuju membayar ratusan juta dollar ke Apple, namun kami sama sekali tidak punya rencana untuk bernegosasi," kata Shin Jong kyun, kepala divisi mobile dan IT Samsung.

2 comments: