Saturday, 23 November 2013

Tablet Dan PC Bakal di Andalkan Menjadi Pembisnis Daripada Laptop Di Tahun 2014



         Dari riset yang dilakukan oleh Forrester Study, menyoroti penggunaan alat komputasi modern, disimpulkan temuan bahwa 80 persen aktifitas pekerjaan kantoran ataupun yang dilakoni oleh pebisnis global diduga akan lebih suka memilih kombinasi terpadu antara smartphone, tablet dan komputer tradisional (PC Desktop).

         Nah, dari sinilah mencuat indikasi kuat bahwa akan terjadi pergeseran tren sedikit tersisihkannya perangkat laptop atau notebook di kalangan pekerja aktif dan dugaan pangsa pasar PC desktop berangsur akan membaik di 2014 mendatang. Analis berpendapat kinerja PC masih lebih baik dibandingkan laptop untuk disandingkan dengan perangkat bergerak seperti smartphone dan tablet.

        Bercermin ke catatan penjualan PC di waktu lalu, dilansir Informationweek, penjualan PC mencapai puncaknya pada 2011, mencapai angka pengiriman 363 juta unit. Sumber IDC meramalkan permintaan PC di pasar global di 2014 bisa mencapai 322 juta unit, dan akan terus membaik himgga diproyeksi untuk tahun 2017 melonjak mancapai 333 juta unit. Sentimen positif ini didasari karena sebagian pengguna bisnis dan konsumen lain, nampaknya wajib menyegarkan keberadaan komputer berteknologi tua untuk dapat digunakan lebih baik jika disandingkan ke smartphone atau tablet terbaru yang mutlak membutuhkan dukungan penunjang yang kompatibel.

        Bisa saja benar, karena sejak awal tahun ini saja marak bermunculan platform-paltform sitem operasi baru yang ketat bersaing di pasar perangkat lunak, sebut saja OS Windows 8 dan versi 8.1, versi Android terbaru yang terus dikembangkan (KitKat, Jelly Bean dll.), OS Tizen serta spesifikasi perangkat mobile yang semakin canggih.

        Unsur portabilitas tablet merupakan faktor unggulan dalam dunia komputasi bisnis, dibandingkan menggunakan sebuah laptop atau notebook dalam kesibukan pekerjaan, misalnya saja ketika bertemu klien (meeting), presentasi rapat, aktifitas pemasaran dan lainnya, kegunaan tablet-tablet modern itu menjadi alasan kuat lebih dibutuhkan karena lebih ramping, ringan dan waktu siaga baterai lebih lama, daripada menggunakan sebuah laptop yang lebih merepotkan.

        PC Desktop (komputer tradisional) cenderung lebih kuat daripada laptop, dengan prosesor lebih cepat, penanganan grafis yang lebih baik, memori lebih besar, sektor penyimpanan lebih besar, dukungan aplikasi built-in lebih lengkap dan upgradability lebih fleksibel, apalagi di sisi harga lebih murah tentunya.

       Jika tablet akan menggantikan fungsi praktis sebuah laptop maka disinilah peran penting keberadaan PC Desktop yang diyakini sebagai pasangan intim paling tepat pengolah data lanjutan dari penggunaan tablet dalam pekerjaan dengan keunggulan yang lebih baik dibanding laptop. Contoh ideal perusahaan yang cerdas meningkatkan aktifitas para karyawannya digambarkan dengan mengawinkan ketangguhan kinerja sebuah Apple iPad dan PC desktop sebagai kombinasi kuat penunjang pekerjaan.

1 comment:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

    ReplyDelete